Bisnis Abon Berkualitas

Bisnis usaha rumahan abon ikan berkualitas memang tidak setenar abon daging. Akan tetapi rasa dan bau khas yang nikmat dari abon ikan membuat abon ini justru mempunyai kelezatan tersendiri di bandingkan abon daging. Apalagi strukturnya yang lebih lembut memberi rasa special di lidah pecintanya.

Selain itu, abon ikan mengandung banyak vitamin ikan yang jauh lebih menyakinkan dan sehat dibandingkan abon daging yang masih memiliki banyak kolesterol dari daging sapi. Dan satu catatan pentingnya yaitu abon ikan ini juga lebih mudah Anda jadikan bisnis usaha rumahan.

Anda bisa merintis bisnis usaha rumahan dengan menciptakan abon ikan secara home industry dengan bermodal produk ikan yang paling mudah Anda akses di sekeliling Anda. Dengan fokus pada jenis ikan yang mudah Anda akses, maka memudahkan Anda menghasilkan produk sesuai target, karena Anda tidak lagi harus susah payah untuk mendapatkan bahan baku.

Ada banyak substitusi ragam ikan yang tepat untuk menjadi bahan baku abon, seperti ikan lele dan patin, ikan gurame, ikan gabus atau justru ikan laut seperti ikan tuna, tenggiri, kerapu atau tongkol. Menurut banyak pakar masakan, ikan yang bagus untuk bahan baku abon ikan yaitu ikan yang sudah cukup berumur, sebab dagingnya lebih kenyal sehingga seratnya masih terasa apabila Anda masak menjadi abon. Ikan kecil atau muda dagingnya sangat lembut dan bisa lebur ketika Anda goreng menjadi abon.

Untuk metode produksi bisnis usaha rumahan ini tergolong gampang. Ikan berkriteria besar dicuci, kemudian dikupas dan dilepas duri-duri beserta jeroannya selanjutnya digiling dan dicampur dengan bumbu-bumbu. Setelah didiamkan sekitar 1 jam biar bumbu melekat, adonan daging ikan yang sudah diolah sebelumnya Anda goreng sampai menguning dan harum, angkat sebelum menjadi coklat dan gosong. Jumlah untuk sekali olahan dibutuhkan waktu memasak selama 2-3 jam saja, terbilang mudah dan cepat kan?

Sangat cocok buat para ibu rumah tangga yang sudah nanar dengan tugas-tugas rumah tangga mereka. Menghidupkan bisnis usaha rumahan produksi abon ikan ini sekedar mengambil sedikit waktu, sehingga tidak akan banyak merubah alur kerja Anda sebagai seorang ibu tumah tangga.

Baca juga  4 Cara Jitu Membangun Usaha Donat Enak Super Lezat
Justru untuk sebuah usaha kelas menengah, Anda sangup menghidupkan bisnis abon berkualitas ini dari skala yang kecil terlebih dulu. Eksploitasikan barang-barang dapur yang Anda miliki dan belilah sekurang-kurangnya 5 kg ikan selaras dengan jenis yang bakal Anda produksi secara regular. Dari 5 kg daging ikan segar, biasanya bisa menghasilkan setidaknya kg abon ikan matang siap jual. Kapasitas ini cukup layak untuk memulai sebuah bisnis usaha rumahan skala kecil.

Lalu bagaimana gambaran harapan dari bisnis usaha rumahan ini?

Anda bisa mengamati beberapa penggarap usaha sejenis dari berbagai ragam pelosok kalangan. Di kota Yogya terdapat sebuah usaha abon ikan berbahan lele di kawasan Minomartani Yogyakarta. Dari sekedar memproduksi skala kecil 3 -5 kg ikan mentah perhari, sekarang dalam waktu satu hari produsennya harus cukup payah menyuplai 35 kg ikan lele segar.

Cerita senada diungkapkan oleh seorang produsen bisnis abon ikan di Cilacap. Memanfaatkan bahan baku ikan tongkol yang mudah di dapatkan di para nelayan dengan harga setengah, Dari persediaan modal hanya sekitar 4 juta untuk bahan baku dan perlengkapan termasuk wajan penggorengan, kompor gas dan alat spinning minyak goreng, saat ini setiap hari pemiliknya mengaku sanggup mengantongi keuntungan tidak kurang dari 40 juta perhari dengan prosentasi keuntungan sekitar 20 -30 %.

Berdasarkan kedua pemain bisnis abon berkualitas tadi, mereka juga mengiyakan meski pertama kali memulai tidak mudah, ternyata dengan penjualan yang tepat, mereka berhasil memasarkan hasil produksi abon ikannya dengan cepat dan mudah. Bahkan dagangan mereka dapat berkembang terus menerus.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-abon-berkualitas/

Cara Membuat Jus Kurma yang Segar dan Nikmat


Cara Membuat Jus Supaya Rasanya Nikmat, Lezat dan Enak Saat Diminum
Mungkin Anda pernah bertanya pada diri sendiri, mengapa jus buatan saya rasanya aneh? Tidak nikmat, kurang fresh atau malah mengakibatkan perut mual (eneg). Padahal cara membuatnya sudah benar dan berbagai bahan juga sudah komplit. Apa masih ada yang salah?

Pastinya Anda sudah mengerti jika kurma yang digunakan sebagai komponen utama olahan jus mempunyai kandungan vitamin, nutrisi, gizi dan enzim.

Hal itulah yang menjadi faktor utama olahan jus kurma menjadi salah satu minuman kesehatan yang digemari masyarakat. Selain cita rasa yang nikmat, cara membuatnya juga mudah, hanya membutuhkan sebuah mesin blender.

Apakah Anda tahu, minuman jus yang diolah menggunakan mesin blender sebenarnya termasuk dalam jenis smoothies?

Perhatikan ciri-cirinya:

Jus alias smoothies teksturnya kental, membuat kenyang dan strukturnya serupa dengan bubur kurma. Sedangkan minuman jus (juice) yang asli ialah sari kurma, umumnya diolah memakai mesin bernama juice extractor.

Kendati demikian, keduanya mempunyai manfaat kesehatan yang sama, hanya beda dari segi tampilan dan bentuk. Tidak masalah jika Anda menyebut smoothies menjadi jus, toh masyarakat Indonesia lebih mengenal istilah tersebut.

Cara mudah Mengolah Jus Kurma Supaya Memiliki Rasa Fresh
Usahakan menggunakan komposisi kurma yang masih fresh agar rasa dan kandungan vitamin nya dapat diperoleh dengan sempurna.

Jangan mencampur 2 bahan atau lebih dengan aroma yang sama-sama menyengat atau tajam.

Agar tampilan jus lebih menarik, gunakan beberapa variasi komposisi yang berwarna-warni. Contohnya jus Mangga campur jambu merah atau buah jenis lain.

Jangan takut untuk menambahkan air perasan jeruk nipis pada minuman jus bikinan Anda karena air tersebut bisa memperkaya rasa sekaligus mengurangi bau tidak sedap terhadap bahan tertentu.

Baca juga  Menciptakan Inovasi Baru Bisnis Abon Keong
Air perasan jeruk nipis bisa membuat minuman jus menjadi lebih nikmat.

Tiga opsi supaya jus menjadi lebih nikmat:
1) Campurkan es serut ke dalam mesin blender bersama bahan yang lain
2) Gunakan air es yang dingin bukan air putih biasa
3) Pakailah air putih lalu masukan beberapa potongan es batu di atas jus yang telah jadi.

Apabila memungkinkan, jangan masukan pemanis, susu manis maupun sirup kental karena dapat menghambat kinerja penyerapan zat vitamin oleh tubuh.

Namun bila mengharuskan, buatlah pemanis. Caranya didihkan gula pasir bersama air dengan komparasi 1:1. Sirup gula lebih cepat larut dan menyatu dengan minuman jus dibandingkan gula pasir.

Setelah selesai, sebaiknya minuman jus segera diminum karena jika terlalu lama didiamkan maka vitamin dalam jus akan rusak akibat oksigen dan ultraviolet, akibatnya cita rasanya tidak enak sekaligus manfaatnya tidak maksimal.

Waktu yang baik untuk mengkonsumsi minuman jus adalah sebelum makan agar penyerapan zat-zat gizi di dalamnya bisa maksimal.

Takaran jus untuk anak berumur 6 bulan ke bawah baiknya tidak lebih dari 177 ml atau kurang dari 1 gelas standar / hari.

Bonus Tips

Apabila menggunakan juice extractor, gunakanlah hanya kurmanya sedangkan bahan pendukung seperti air putih, susu, madu, sirup gula disisihkan. Anda dapat memasukan es batu sesudah sari kurma keluar atau menyimpanya kedalam kulkas agar minuman jus lebih segar.

Kembali ke pengertian awal, minuman jus adalah sari kurma yang diolah dengan memeras kandungan air di dalam kurma tersebut.

Oleh sebab itu yang dihasilkan ialah sari kurma, lambung akan terlepas dari rasa kurang nyaman atau eneg. Lain jika memakai blender, dimana yang diperoleh ialah bubur kurma dengan tekstur kental dan membuat kenyang perut tentu akan membosankan jika terus mengkonsumsinya setiap hari.

Jalan keluarnya, gunakan kain tipis (kasa) atau menggunakan saringan khusus untuk memisahkan minuman jus dengan buih maupun serat-serat kurma yang tidak hancur dengan maksimal.

Bahan untuk Membuat Minuman Jus:
1) Dua buah kurma yang telah matang
2) 80 ml gula cair, air mineral secukupnya
3) Es batu secukupnya
4) Mesin blender

Comments

Popular Posts