TIps dan Cara Membuat Hot Dog Pulut

1. Memodifikasi Produk untuk Mengembangkan Peluang Bisnis Berjualan Hotdog
Untuk mengembangkan bisnis hotdog Anda, satu hal yang penting dikerjakan adalah memodifikasi produk maupun jasa yang ditawarkan oleh perusahaan yang Anda miliki. Ingat, memodifikasi produk yang telah ada sangat baik dibanding harus menciptkan produk atau layanan baru yang memakan waktu untuk riset dan testing market.

Sekarang coba Anda lihat, di peluang usaha hotdog yang Anda mulai siapa sajakah pesaingnya dan apa fitur atau kelebihan serta kekurangan produk dan jasa mereka. Lalu gali juga trend yang ada sekarang ini, seperti tren warna, rasa, dan hal lainnya.

Hasil dari riset tersebut akan menciptakan ide-ide yang segar untuk modifikasi barang dagangan yang unik, sesuai dengan selera masyarakat dan mengikuti trend terkini. Peluang usaha hotdog kini semakin banyak dilirik masyarakat, ini saaatnya Anda memberikan yang paling baik untuk bisnis ini.

Satu saran juga untuk Anda yaitu perhitungkan biaya-biaya untuk memodifikasi hotdog. Modifikasi hotdog tak perlu berbiaya mahal. Ingat tujuan Anda adalah untuk menambah keunikan dan added value bukan menjadikan barang dagangan atau jasa Anda menjadi lebih mahal.

2. Membundling Produk untuk Mengembangkan Peluang Bisnis Hotdog
Jika pada poin pertama sudah dipaparkan bagaimanakah cara memperbesar peluang bisnis dengan memodifikasi produk, pilihan kedua adalah bundling produk.

Apa itu bundling produk? Simpelnya adalah Anda akan menjual produk A ditambah produk B dengan harga paketan. Ataupun kalau sesudah beli produk A maka produk B dapat dibeli dengan biaya lebih murah. Misalnya bundling produk antara produk Rexona dan Adidas atau Nike misalnya, untuk tiap pembelian produk Adidas atau Nike maka akan mendapatkan Rexona for Man.

Bundling produk dapat dilakukan dengan membuat paket antara produk A dan B di perusahaan sendiri atau jika lebih jauh lagi bisa kita lakukan bundling produk antara perusahaan Anda dan perusahaan yang lain. Peluang bisnis di antara kedua perusahaan dapat tumbuh lebih cepat.

Baca juga  Strategi Jitu dalam Mengemas Plastik Makanan dan 6 Kunci Rahasia Berbisnis Kemasan Makanan
3. Kembangkan Peluang Usaha: Pilihlah Nama Produk yang Khas
Apakah nama merk dapat memengaruhi peluang bisnis yang kita lakukan? Nama produk yang unik dan khas tak jarang membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Apalah arti dari sebuah nama? Penamaan merk yang khas dan unik akan membuat mudah pasar mengingat apa yang kita tawarkan.

Anda ingat dengan merek rawon setan? Bunga gelombang cinta? Donat pink? Dan lainnya. Nama/brand yang unik harus dipikirkan agar konsumen dapat mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Akan lebih bagus lagi kalau nama merk yang ditawarkan mengandung arti.

Peluang bisnis harus digarap dengan maksimal dengan brand/ nama produk yang juga maksimal.

4. Mengembangkan Peluang Usaha: Bekerjasama dengan Komunitas-komunitas
Community marketing dikatakan oleh para pakar marketing menjadi strategi pemasaran ampuh selama beberapa tahun ke depan, mengingat manusia, khususnya di negara Indonesia, sangat senang sekali membuat komunitas dan mengerjakan aktivitas secara bersama.

Peluang bisnis yang Anda garap dapat memanfaatkan momentum tadi untuk melakukan kerjasama dengan komunitas. Garuda Indonesia contohnya, memanfaatkan komunitas pecinta golf untuk melakukan kerjasama dalam beberapa acara dan program penjualan Garuda.

Jumlah anggota komunitas yang banyak, hal lainnya kekuatan mereka untuk menyebarkan informasi produk/ jasa Anda menjadi alasan untuk melakukan kerjasama dengan komunitas-komunitas untuk mengembangkan peluang bisnis hotdog Anda.

5. Kembangkan Peluang Usaha: Promosi Menggunakan Media Sosial
Anda masih ingat dengan makanan kripik Maicih? Ya, produk ini adalah salah satu contoh dari makanan yang sukses menjadikan social media (media sosial) untuk penetrasi pasar. Merk lain adalah Brodo, merek sepatu kulit asal kota Bandung, dan masih banyak lagi contoh yang lain.

Memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan peluang bisnis jadi opsi utama di tengah mahalnya budget iklan di media yang konvensional. Selain itu channel media sosial dapat dikelola secara sendiri oleh Anda.
Perlu Anda ketahui juga pengguna social media di Indonesia sangat banyak sekali dan aktif, di Twitter misalnya, negara Indonesia seringkali penyokong trending topic dunia untuk berbagai info.

Adapun Facebook telah menjangkau sampai pelosok desa karena banyaknya telpon selular murah sehingga makin banyak juga yang bisa mengakses internet. Banyak orang-orang menggunakan media sosial untuk mengembangkan peluang bisnis yang mereka kerjakan.

Baca juga  Peluang Manis Bisnis Waffle Indonesia
Dengan social media Anda bisa mempromosikan produk atau jasa Anda secara gratis dan langsung mengarah kepada konsumen yang Anda sasar.
Jadi tunggu apalagi, buat sekarang akun media sosial Anda sebagai channel penjualan termasuk sebagai saluran komunikasi untuk mengenalkan brand Anda.

6. Kembangkan Peluang Bisnis: Buat Iklan yang Unik
Ada yang mengatakan iklan yang baik itu adalah iklan yang dapat menjual, atau dapat menghasilkan penjualan. Tapi jangan lupa juga, iklan hanya akan bisa dilihat orang kalau iklan yang Anda buat untuk mempromosikan produk unik. Kekhasanlah yang membuat orang mau untuk berhenti selama beberapa saat melihat iklan Anda.

Apakah susah menciptakan iklan yang unik dan khas? Tidak juga. Jika Anda telah memiliki budget iklan, itu sudah saatnya Anda mengembangkan peluang bisnis yang Anda telah pilih sekarang dengan mengajak desainer grafis atau video producer untuk membuat iklan yang unik.

Silahkan membuka youtube dan carilah referensi ide-ide iklan menarik dari negara Thailand.

7. Kembangkan Peluang Usaha: Bekerjasama dengan Para Endorser
Bagaimana beriklan gratis dan memanfaatkan orang terkenal? Kirim produk Anda kepada mereka. Atau ajak mereka datang mengunjungi perusahaan Anda atau merasakan kenyamanan layanan yang Anda berikan. Anggap sebagai hadiah tambahan untuk mereka.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-hot-dog-pulut/

Tips dan Cara Membuat Gulali Kacang Tradisional

Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga anak-anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini terkadang bisa ditiup sehingga menghasilkan bunyi seperti peluit.

Gulali yang selanjutnya dibuat menggunakan campuran tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali sedemikian rupa hingga berbentuk seperti mie atau benang sutra.

Kebanyakan orang menamakan gulali ini dengan sebutan rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut seorang nenek-nenek.

Jenis gulali yang keempat dibuat menggunakan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat gula tadi dikumpulkan, maka akan berbentuk seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih terkenal dengan nama arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai jenis gulali di atas sudah sulit untuk ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka macam gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang sangat mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa

Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula merah atau gula jawa. Konon, gulali jenis ini merupakan cikal bakal dari kemunculan berbagai jenis gulali yang bisa kita temui saat ini.

Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir
Gulali jenis ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa menambahkannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan sehingga membuatnya lebih menarik ketika dibentuk.

Gulali ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi berbentuk hewan, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dan lain-lain, sehingga anak-anak semakin menyukainya.

Bahkan, gulali jenis ini kadang bisa kita tiup sehingga menghasilkan siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.
Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali ini terbuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para pedagang biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa hingga berbentuk mirip seperti mie atau seperti benang sutra.

Baca juga  Poin Penting untuk Mendirikan Bisnis Franchise Minuman Terlaris 2016
Banyak orang menyebut gulali jenis ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut nenek-nenek, sehingga banyak yang menyebutnya Gulali Rambut Nenek.

Konon, orang Tiongkok sering menyebut gulali ini dengan istilah jenggot seekor naga.
Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus, nama mesinnya adalah Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan nama permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih terkenal dengan sebutan gulali arum manis.

Resep Cara Membuat Gulali
Resep Permen Gulali Gula Jawa

Bahan

– 1/2 kg gula jawa yang dihaluskan sebelumnya
– 125 ml air atau secukupnya
– Kacang tanah yang telah dipotong kecil-kecil
– Tusuk sate
Cara Membuat
1. Masukkan gula jawa dan air ke dalam wajan kemudian aduk-aduk hingga gula tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api yang sedang lalu letakan wajan tersebut di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika sudah mengental, sila celupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tersebut dengan plastik lalu masukkan ke dalam toples.

Resep Permen Gulali Gula Pasir

Bahan

– 1 kg gula pasir
– 1 sdm asam citrun
– 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
– 1 sdm asam citrun
– 100 ml air matang atau 3/4 gelas ukuran

Alat-alat

– 1 centong kayu untuk mengaduk gulali
– 1 sendok makan
– 1 wajan besar

Comments

Popular Posts