Bisnis Jual Es Batu

Jual es batu sebenarnya hanya air yang mengalami pendinginan hingga di bawah nol derajat celicus, sehingga air membeku dan berubah menjadi es. Jual es batu bisa terjadi secara alami ataupun buatan. Meskipun namanya adalah jual es batu, akan tetapi jual es batu tidak ada hubungannya dengan batu.

Jual es batu sering dibandingkan dengan es kering. Dalam bahasa inggris pun keduanya hanya dibedakan oleh kata “dry”, satu dinamai ice, satu lagi disebut dry ice. Memang keduanya memiliki kesamaan fungsi, tetapi zat dan cara pembentukannya berbeda. Jual es batu terbuat dari air biasa atau H2O yang didinginkan. Sedangkan es kering atau dry ice adalah karbondioksida atau CO2 yang dipadatkan.

Dengan keberadaan teknologi freezer, pembuatan jual es batu di waktu sekarang ini sangat mudah. Kita tinggal cuma menaruh air di freezer dan membiarkannya beku. Freezer pun pada saat ini bermacam-macam, mulai dari yang kecil untuk keperluan pribadi, sampai freezer yang berukuran besar untuk keperluan industri.

Keperluan Individual dan Industri akan Jual Es Batu
Jual es batu saat ini sudah nyaris menjadi keperluan utama. Baik kebutuhan bagi individu maupun pasar. Bagi pribadi, jual es batu dibutuhkan untuk mendinginkan makanan atau membuat minuman. Sedangkan bagi pasar atau industri, jual es batu dipakai untuk membuat produk atau menjadi pengawet produk. Misalkan seperti sekedar sebagai pendingin dari minuman es hingga menjadi pengawet dari ikan yang dibawa dalam box kontainer.

Peluang Usaha Jual Es Batu
Bisa jadi tidak banyak yang mengetahui, bahwa ternyata cukup banyak kebutuhan jual es batu di pasar. Memang, bila hanya melihat usaha “jual jual es batu” rumahan yang sering ada di rumah-rumah atau pinggir jalan, tidak terlihat bila usaha tersebut begitu menguntungkan. Akan tetapi yang harus kita perlu untuk ketahui adalah usaha jual es batu tidak hanya terdapat di “jual jual es batu” pinggiran atau rumahan itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Potensi Usaha Minuman Kopi dan Langkah-langkah Suksesnya
Di rumah makan atau restoran misalkan kita ambil contoh. Rumah makan membutuhkan jual es batu untuk mendinginkan makanan atau minuman. Selain itu restoran juga menggunakan jual es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti Ikan. Yang mana tujuan ikan tersebut didinginkan sebelum dimasak adalah supaya ikan tetap segar.

Selain restoran kita dapat mengambil contoh di usaha perikanan. Seperti yang kita tahu bahwa Ikan harus lah tetap segar hingga terjual kepada konsumen supaya terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi kendala karena ketika proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu.

Sehingga Ikan harus dijaga agar tetap dingin, segar, dan lembap selama proses pengiriman. Salah satu cara untuk melakukan penjagaan tersebut adalah dengan memasukannya dalam wadah tertutup atau box yang mempunyai suhu dingin. Dan cara untuk mendinginkan suhu di wadah atau box tersebut adalah dengan memberinya jual es batu.

Oleh karena itu keperluan pasar terhadap jual es batu tak bisa dibilang kecil. Sehingga mesti ada yang memenuhi kebutuhan sekaligus peluang usaha jual es batu ini.

Ruth Harso, pemilik Ice Cube Crystal dapat memproduksi kira-kira 10 ton jual es batu kristal setiap harinya. Es tersebut ia hargai seharga 1400/kg jual es batu kristal. Dari sales dengan harga itu ia bisa mendapat profit hingga lima puluh persen.

Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta juga melakukan usaha jual es batu kristal. Beliau menghasilkan 4 ton jual es batu kristal setiap hari. Jual es batu itu ia jual dengan harga 1200 per kg-nya. Dari penjualan tersebut dia meraup keuntungan hingga 20%.

Ahmad mengatakan bahwa pelanggan jual es batu kristal tak hanya terbatas di rumah makan dan restoran saja. Orderan jual es batu bisa datang dari pengadaan event-event, misalkan seperti Java Jazz. Acara-acara sekelas Java Jazz bisa membutuhkan jual es batu sampai 10 ton per hari.

Di 2 contoh kesuskesan usaha jual es batu di atas yang kami kutip dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwasannya usaha jual es batu mempunyai potensi profit yang cukup besar.

Baca juga  Bisnis Waralaba Minuman Kopi? Kenapa Tidak?
Kebutuhan dalam Memulai Usaha Jual Es Batu
Tempat
Modal yang pertama wajib kita siapkan adalah modal tempat. Memang produk jual es batu ini tidak terlalu besar, tetapi bila kita telah bermain di tingkat “ton-ton-an” pasti harus mempunyai tempat yang besarnya mencukupi. Bahkan di samping bangunan yang mencukupi, kita juga membutuhkan tempat yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu jika tempat tidak bersih dapat menimbulkan risiko kotornya jual es batu. Dan tentu kalau tempatnya mudah panas bisa membuat es tidak tahan lama.

Di tempat itu kita juga akan melakukan proses penciptaan jual es batu dengan alat dan mesin yang kita sudah siapkan. Selain itu, kita juga memerlukan tempat itu sebagai penyimpanan sementara sampai jual es batu dibawa ke pelanggan.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-jual-es-batu/
https://ramesia.com/

Usaha Roti Bakar Lesehan

Analisa dan Peluang Usaha Roti Bakar Lesehan
Usaha Roti Bakar Lesehan semacam ini juga bisa dijalankan diberbagai tempat karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pasti pernah memperhatikan di kios pinggir jalan roti seperti ini di jajakan dengan beragam rasa seperti coklat, moca, susu dan lain lain. Roti di tawarkan dengan harga bervariasi mulai dari 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya.

Itulah hasil dari produk bisnis roti kelas rumahan ini, biasanya mereka menjual rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk memeriksa berapa roti yang laku terjual di hari sebelumnya selain itu mereka juga menyetok kembali apabila stok roti di warung nya mulai berkurang.

Jangkauan pemasarannya bergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti yang di kerjakan, jika kemampuan produksi rotinya masih sedikit biasanya lingkup penjualannya cuma disekitar lokasi produksinya, kendaraan yang digunakan untuk berjualan pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.

Sebaliknya untuk bisnis pembuatan roti rumahan yang telah berskala lumayan besar, lingkup pemasaran mereka biasanya lebih luas karena daya produksi rotinya pun sudah lebih besar, armada yang digunakan untuk penjualan biasanya dapat berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti dengan skala seperti ini bahkan penjualannya sudah mampu mencapai luar kota.

Cara Memulai Usaha Roti Bakar Lesehan
Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Paling awal yang harus Anda persiapkan ialah keahlian atau keterampilan untuk membuatnya baik dimiliki sendiri atau pun dengan mempekerjakan orang yang ahli dibidang pembuatan roti.

Baca juga  Cara Buat Waffle Ice Cream yang Lezat
Sehabis itu juga harus di sediakan berbagai jenis alat penunjang berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam menyediakan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak dana usaha karena harga dari tiap mesinnya lumayan tinggi, diantaranya yang umum di pakai adalah sebagai berikut.

Mesin untuk Usaha Roti Bakar Lesehan
Mixer, yang berguna sebagai pembentuk adonan utama pembuatan roti.
Mesin Proofer atau lemari pengembang roti, berfungsi untuk melancarkan proses pengembangan adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.
Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Berguna untuk membentuk dan memecah adonan roti supaya ukurannya sama rata.
Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah akhir dalam pembuatan roti.

Comments

Popular Posts