Cara Membuat Adonan Dengan Cepat

1. Adonan padat (dough)
Bahan utama adonan padat adalah tepung yang dicampur air serta bahan-bahan lain seperti ragi, telur, lemak, garam sebelum diuleni menggunakan mesin atau tangan sehingga kalis (tidak lengket) dan dapat dibentuk, misalnya: adonan tortilla, pastry, spaghetti, roti, donat, pizza, berbagai varian kue kering, dan kulit untuk berbagai jenis dimsum (siomai, lumpia, bakpao).

2. Adonan encer (batter)
Bahan tepung dalam pembuatan adonan encer biasanya tidak dicampur air, melainkan dicampur dengan gula, telur, atau susu sebelum dicampur (dikocok) menggunakan tangan atau mesin hingga membentuk cairan yang encer, kental, atau seperti krim, misalnya: adonan panekuk, wafel, pudding, cake, bolu, beberapa jenis kue kering, berbagai jenis roti, dan beraneka ragam gorengan.

Namun jika ditinjau dari bahan-bahan serta cara pembuatannya, adonan dapat dikategorikan dalam beberapa macam:

1. Adonan pasir
Adonan pasir ialah adonan yang cara membuatnya menggunakan 2 buah pisau yang dicincang halus hingga menyerupai butiran pasir dan diselesaikan dengan dibakar/dioven. Adonan pasir dibagi menjadi 2 yaitu :

a. Adonan pasir rasa manis

Adonan pasir rasa manis menggunakan bahan dasar terigu, margarin, gula pasir, dan kuning telur.
Contohnya: Moka salju, putri salju, nastar, bola nanas dll.

b. Adonan pasir rasa asin (Short pastry)

Adonan pasir rasa asin menggunakan bahan dasar terigu, mentega, sedikit garam dapur dan kuning telur.
Contohnya: Bola keju, kue krakeling asin, kastengel dll.

Baca juga  Sejuta Manfaat Susu Kedelai Organik
2. Adonan rebus
Adonan rebus adalah adonan yang proses pembuatannya dengan cara direbus dan diselesaikan dengan cara direbus atau dikukus, digoreng dan dioven.
Contoh adonan rebus: Berbagai jenis kue sus, Bubur manis/cendol, nagasari beras/hungkue, jenang.

3. Adonan Lembaran
Adonan lembaran ialah adonan yang proses pembuatannya dengan ditipiskan atau digiling sampai menyerupai lembaran dan diselesaikan dengan cara dioven atau digoreng.
Adonan Lembaran dibagi menjadi 2 macam:

a. Adonan Pai (Pastei)

Adonan Pai (Pastei menggunakan bahan dasar tepung terigu, mentega dingin, air dan garam yang diselesaikan dengan dioven dan berfungsi sebagai kulit kue.

b. Adonan Feuillete/Bladerdeeg

Adonan Bladerdeeg menggunakan bahan baku terigu, korsvet (lemak padat) dan air dingin sehingga akan menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang diselesaikan dengan cara digoreng atau dioven.
Contoh: roti amandel, dll.

4. Adonan goreng
Adonan goreng adalah adonan yang diselesaikan dengan cara digoreng.
Adonan goreng ada tiga jenis antara lain:

a. Adonan goreng biasa

Adonan goreng biasa menggunakan bahan dasar tepung (tepung beras, terigu atau ketan) dan air (air santan atau air biasa).
Contoh: Keripik tempe, pisang goreng, mendoan, rempeyek, dll.

b. Adonan fritur

Adonan fritur adalah adonan goreng yang membuatnya dengan didadar terlebih dahulu.
Contoh: berbagai macam risoles atau lumpia.

c. Adonan beignet

Adonan beignet menggunakan bahan baku tepung terigu, susu dan telur. Adonan beignet bentuknya sedikit kental dan biasanya digunakan untuk menggoreng berbagai macam seperti apel, nanas, pisang, dan nangka.

5. Adonan bolu
Adonan bolu adalah adonan yang proses pembuatannya dengan cara dikocok atau dimixer dan dimatangkan dengan cara dikukus atau dioven.

Adonan bolu terbagi menjadi 4 macam yaitu:

a. Adonan bolu biasa

Adonan bolu biasa ialah adonan yang tidak menggunakan lemak (mentega/margarin atau menggunakan sedikit lemak
sehingga menghasilkan kue bolu yang teksturnya sedikit kasar (pori-pori kue terlihat besar).

b. Adonan bolu cake

Adonan ini menggunakan bahan dasar tepung, telur, lemak dan gula dengan takaran yang sama dan dimatangkan dengan cara dikukus atau dioven.

Baca juga  Cara Mudah dan Cepat Membuat Bungkus Crepes
Ciri cake yang baik ialah mengembang, teksturnya halus (pori-pori kecil), lunak, permukaan rata, kulit tipis, dan warnanya agak kecoklatan.
Contoh: Cake salju, roll cake, lapis legit, cake mandarin, dll.

c. Adonan bolu moskovis

Adonan bolu moskovis adalah adonan bolu yang cara pembuatannya menggunakan lemak (margarin/mentega) yang didinginkan dahulu dengan es dan dimatangkan dengan oven. Hasil bolu moskovis teksturnya lebih lembut dan halus (pori-porinya hampir tidak terlihat) dari adonan bolu cake.
Contoh: Macam-macam kue tart, kue tulban.

d. Adonan chiffon cake

Adonan chiffon cake adalah adonan yang bahan lemaknya tidak menggunakan mentega/margarin, tetapi memakai minyak/santan. Selain itu memakai bahan khusus misalnya cream of tartar.

6. Adonan Roti/Ragi
Adonan ragi ialah adonan yang proses pembuatannya membutuhkan pengembangan dengan ragi, fermipan atau gist.

Adonan ragi dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

a. Adonan roti cair untuk membuat berbagai macam kue poffertjes, apem, terang bulan, dll.

b. Adonan roti lembek untuk membuat kue olibol, ollehalen, bitterballen, bolang-baling, cakwe, dll.

c. Adonan ragi padat untuk membuat macam-macam roti seperti roti isi, donat, bakpao, roti tawar, dll.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-adonan-dengan-cepat/

Inilah Manfaat Sosis Bulaf

Sosis memang bukan makanan asli masyarakat Indonesia, namun sangat familiar di tiap sajian kuliner Nusantara. Sosis awalnya diolah dengan niatan untuk mengawetkan tiap makanan yang berbahan baku daging. Sosis sendiri awal kali diciptakan oleh orang Sumaria (sekarang Irak) pada tahun 300 SM.

Namun, catatan-catatan yang berkaitan dengan sosis pertama kali dikenali lewat sebuah naskah Yunani Kuno yang dicatat pada tahun 500 SM. Kemudian sosis makin dikenal di dunia dan kawasan Eropa, khususnya Jerman.

Jerman menjadi kiblat dari pembuatan sosis, sebab di negeri tersebut sosis termasuk hidangan utama. Selain itu, lebih dari 1000 macam sosis telah berhasil diciptakan di Jerman.

Sosis termasuk makanan yang diolah dari perpaduan sempurna antara daging dan resep-resep pendukung lainnya sehingga menciptakan taste yang istimewa dan unik. Sedangkan daging yang bisa diolah dalam pembuatan sosis adalah ikan bandeng, daging sapi, daging ayam, domba, ikan maupun babi.

Setelah diolah, adonan yang berasal dari daging segar tersebut kemudian dikemas oleh selongsong bahan yang terbuat dari usus hewan misalnya sapi, kambing, domba, atau babi, atau bisa juga memanfaatkan plastik.

Sosis memang bukan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Terlebih ketika kesehatan kita sedang menurun.

Sosis Bulaf dan Kandungannya
Disamping praktis dan tahan lama, sosis adalah jajanan yang memiliki kelezatan dan rasa gurih yang spesial. Inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa jajanan ini banyak sekali peminatnya di Indonesia. Dengan berbahan dasar daging, sosis menjadi makanan yang tinggi akan protein dan memiliki sejumlah faidah untuk tubuh kita. Nutrisitersebut diantaranya ialah:

Protein: berhubung bahan baku pengolahan sosis dari ikan, otomatis sosis memiliki protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain bertugas sebagai partikel pembangun, protein juga termasuk zat pembawa nutrisi yang ideal ke seluruh organ tubuh. Protein juga bisa menambah sistem kekebalan tubuh. Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI 01-3820-1995), sosis yang bermutu harus mengandung protein setidaknya 13%, lemak paling banyak 25% serta karbohidrat setidaknya 8%. Jika standar ini terpenuhi pada setiap sosis, barulah bisa simpulkan bahwa sosis ialah panganan yang baik.

Baca juga  Cara Memulai Bisnis Makanan Steak yang Menguntungkan
Hanya saja, karena kadar lemak dan kolesterol sosis yang lumayan tinggi, hendaknya sosis bulaf jangan dijadikan sebagai makanan rutin bagi anak-anak guna mengurangi resiko obesitas dan segala penyakit yang menyertainya, dikemudian hari.

Bila anak kita suka makan sosis, sebaiknya anda membeli produk sosis dengan kandungan lemak yang tidak terlampau besar (< 10%). Oleh karena itu, anda mesti teliti membaca komposisi nutrisi pada kemasan.

Vitamin B12: salah satu nutrisi yang terkandung di setiap makanan yang berasal dari hewan. Vitamin ini tidak tersedia pada tumbuhan kecuali yang melalui reaksi fermentasi saja, seperti tempe maupun sayuran yang sudah didiamkan. Vitamin ini juga berguna untuk mengaktifkan sistem folat dan diperlukan dalam pembakaran sel-sel. Selanjutnya dapat mempermudah fungsi sistem cerna, sumsum tulang, dan jaringan syaraf.

Berikut beberapa Tips khusus saat memilih sosis yang sehat.

Pilihlah sosis yang mempunyai jangka expired yang cukup lama serta letakkanlah dalam lemari pendingin.
Belilah sosis yang selamat dari pewarna buatan, walaupun hal tersebut disahkan oleh pemerintah kita. Jika terlanjur membeli sosis yang terlihat merah terang, hendaknya urungkan keinginan untuk membeli kembali brand tersebut. Sebab kemungkinan besar produsen sosis memanfaatkan pewarna dalam ukuran berlebih dan barang kali malah menambhakan pewarna tekstil.
Cermati bentuk kemasan sosis. Jika mucul selaput atau cairan kental halus layaknya susu disekitar sosis, sebaiknya jangan belanja sosis tersebut karena keadaan ini menandakan kalau sosis yang mulai tidak sehat.
Pilihlah sosis yang tercium khas daging, tidak terdapat bau basi atau bau-bau yang aneh lainnya.
Demikianlah manfaat serta trik membeli sosis. Dengan mempertimbangkan besarnya gizi dari sosis, maka tidak masalah bila anda ingin menyetok sosis untuk keperluan keluarga Anda.

Selain enak dan lezat, sosis juga termasuk makanan yang bernutrisi serta baik untuk orang rumah.

Bila Anda bercita-cita untuk menjadikan jajanan yang tinggi akan gizi ini sebagai peluang usaha di rumah, Anda bisa menggunakan mesin pembuat makanan di Ramesiamesin.com. Kami menyediakan berbagai alat untuk memproduksi makanan yang berkualitas dan lebih cepat, baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Comments

Popular Posts