Bisnis Mie Setan yang Begitu Potensial

Definisi Bisnis
Hal pertama akan kita bahas yaitu pengertian bisnis. Pengertian bisnis yaitu bentuk aktivitas penjualan barang atau jasa yang dilaksanakan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi pada konsumen dengan tujuan paling utama adalah memperoleh profit. Dan sesungguhnya, setiap orang yang mengerjakan bisnis apapun ialah memang bertujuan untuk meraup keuntungan yang besar.

Pengertian Potensi Bisnis dan Peluang Bisnis
Potensi ialah sebuah kemampuan yang dapat diperoleh berdasarkan kemampuan internal kita dalam melakukan bisnis yang apik. Potensi patut kita ketahui untuk mendukung apa yang akan kita jalankan dari sebuah bisnis. Potensi adalah kemampuan internal dari pebisnis tersebut. Kemampuan yang pertama yaitu jiwa sang pebisnis, sudah memiliki jiwa seorang pebisnis atau belum. Jiwa pebisnis harus tidak takut untuk mengambil resiko dan bahaya, termasuk resiko untuk bangkrut dan rugi. Kemampuan yang kedua adalah tentang modal. Kita tak dapat mengelak semakin besar modal yang dimiliki oleh seseorang maka semakin besar pula potensi untuk menjalankan sebuah bisnis. Namun, modal bukanlah hal paling utama karena hal yang lebih utama ialah kemauan untuk berkomitmen dan belajar konsisten dalam menjalankan bisnis.

Sedangkan untuk peluang bisnis, selain mengandalkan potensi bisnis kita juga harus tahu tentang peluang bisnis dan menganalisanya dengan baik. Pengertian peluang bisnis baru dapat diketahui setelah kita melakukan analisa yang menyeluruh tentang bisnis tersebut. Peluang bisnis juga rata-rata muncul saat seseorang mempunyai keinginan untuk melakukan bisnis walaupun dengan dana seadanya.

Nah, setelah mengetahui pengertian dari bisnis, potensi dan peluang bisnis, maka sudah saatnya untuk mengulas ide bisnis yang mempunyai prospek bagus. Sebenarnya ada banyak sekali ide-ide bisnis yang mempunyai masa depan cerah jika dijalankan di Indonesia, apalagi bisnis makanan.

Bila melihat pasar Indonesia, tentu ada banyak sekali peluang usaha kuliner yang bisa dilakukan oleh calon pebisnis yang menyukai usaha makanan. Masyarakat Indonesia terkenal konsumtif dibandingkan negara-negara lain, termasuk dalam hal makanan. Dan Indonesia terkenal dengan jenis makanannya yang beraneka macam dari berbagai daerah, mulai dari makanan utama hingga makanan ringan. Harganya pun bervariasi mulai dari yang murah, hingga yang mahal.

Baca juga  Cara Membuat Briket dan Peluang Usahanya yang Menjanjikan
Jika tertarik mencoba usaha di bidang makanan Indonesia, maka salah satu bisnis makanan yang harus anda coba adalah bisnis mie.

Kebanyakan warga Indonesia pasti sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Makanan ini mempunyai rasa yang sangat nikmat dan mudah ditemukan dimanapun. Kuliner ini memiliki banyak sekali penggemar, baik laki-laki, perempuan, anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Mengapa Harus Bisnis Mie Setan?
Indonesia adalah negara pengkonsumsi mie terbesar nomor dua di dunia sesudah China. Bahkan saat ini mie telah menjadi bahan makanan pokok kedua sesudah beras. Banyak olahan kuliner berbahan dasar mie yang dijadikan ladang bisnis, salah satunya adalah mie setan.

Peluang bisnis mie setan sangatlah bagus dan memberikan banyak keuntungan serta pasarnya pun sangat luas. Bisnis mie setan adalah usaha yang tidak akan mati karena penikmat kuliner ini sangatlah banyak dan tersebar dimana-mana. Meskipun telah banyak yang menjual mie setan, tetapi penggemar mie setan tidak akan pernah berkurang malah semakin berkembang terus.

Usaha mie setan ini mempunyai kemungkinan yang cerah dalam jangka waktu yang lama, bahkan bisnis mie setan ini sudah menciptakan banyak orang sukses.

Dengan kelebihan-kelebihan bisnis mie setan, maka tidak heran bila banyak pelaku usaha baru yang berminat untuk memulai bisnis mie setan ini. Akan tetapi sebelum memulai usaha ini, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjalankan Usaha Mie Setan
Modal Awal Usaha
Kekurangan modal usaha adalah perkara yang sering mucul ketika akan memulai sebuah usaha. Ada banyak sekali cara untuk menutupi kekurangan modal usaha, contohnya dengan mencari rekan kerja yang mau diajak kerja sama, mencari pinjaman ke koperasi atau bank lewat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Lokasi Usaha
Pilihlah tempat bisnis yang banyak pengunjungnya atau tempat yang dilewati banyak orang. Saat menentukan tempat usaha juga penting untuk memperhitungkan modal yang nantinya akan dikeluarkan. Contoh lokasi bisnis kuliner yang strategis seperti di daerah sekitar sekolah atau kampus, wilayah perkantoran, wilayah pasar, pusat perbelanjaan, permukiman dan tempat wisata.

Menu Favorit
Baca juga  Langkah Mudah Memulai Bisnis Roti Unyil
Sebelum memulai usaha, sebaiknya melakukan peninjauan menu yang beredar di pasar terlebih dahulu. Kemudian, pilih menu-menu yang paling populer. Tapi kalau mau mengurangi jumlah persaingan, pilihlah menu-menu yang spesial dan belum banyak yang menjual. Tetapi pilihan menu tersebut perlu disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

Target Pemasaran
Salah satu hal keberhasilan dalam menjalankan bisnis makanan yaitu menyesuaikan jenis usaha dengan target konsumen. Walaupun produk ditawarkan dengan harga murah, tetapi tidak sesuai dengan selera konsumen maka hal ini dapat menjadi hambatan.

Sikap dan Perilaku Terhadap Konsumen
Penting untuk menjaga sikap ataupun perilaku ketika menghadapi konsumen, semakin anda ramah dan sopan maka semakin banyak konsumen yang berniat menjadi pelanggan. Coba dibayangkan apakah ada pembeli yang mau membeli kepada penjual yang tidak sopan dan jutek?

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-mie-setan/

Bisnis Roti Maryam Salman yang Cukup Berpotensi

Mendirikan bisnis pembuatan roti maryam salman dengan skala rumahan dapat menjadi pilihan bagi Anda yang masih mencari bisnis yang menguntungkan. Usaha rumahan seperti ini masuk kedalam kategori home industri yang tidak membutuhkan modal terlampau besar dan bisa dijalankan pada lokasi dengan space terbatas hanya dengan memakai dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah dapat berjalan mengingat peralatan berupa mesin yang digunakannya berukuran kecil.

Bisnis roti maryam salman rumahan seperti ini juga bisa dijalankan di berbagai tempat karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya Anda pernah melihat di toko pinggir jalan roti maryam salman seperti ini di jual dengan berbagai jenis rasa seperti coklat, moca, susu dan lain lain. Roti maryam salman di tawarkan dengan harga bermacam-macam mulai dari 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan jenis nya.

Itu merupakan salah satu hasil dari produk usaha roti maryam salman kelas ukm ini, kebanyakan penjual memasarkan roti maryam salmannya dengan sistim titip ke toko, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk menghitung jumlah roti maryam salman yang laku terjual di hari sebelumnya selain itu mereka juga mengisi kembali apabila stok roti maryam salman di warung nya mulai berkurang.

Lingkup penjualannya bergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti maryam salman yang di kerjakan, jika daya produksi roti maryam salmannya masih seadanya biasanya lingkup pemasarannya cuma disekitar wilayah pembuatannya, armada yang digunakan untuk berkeliling pun cukup menggunakan kendaraan roda dua seperti motor atau sepeda.

Sementara untuk usaha pembuatan roti maryam salman rumahan yang telah berskala cukup besar, jangkauan pemasaran mereka biasanya lebih luas karena daya produksi roti maryam salmannya pun sudah lebih besar, armada yang digunakan untuk pemasaran biasanya dapat berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti maryam salman dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Usaha Roti Maryam Salman Rumahan
Tertarik dengan model usaha semacam ini? Pertama-tama yang harus Anda persiapkan ialah keahlian atau kemahiran cara membuatnya baik dimiliki sendiri atau dengan merekrut sumberdaya yang mahir dibidang pembuatan roti maryam salman.

Baca juga  Melirik Peluang Usaha Susu Kedelai Dicampur Kopi yang Menyehatkan
Sesudah itu juga harus di berikan berbagai alat pendukung berupa mesin dan peralatan pembuatan lainnya, dalam mengadakan mesin inilah yang paling memakan banyak biaya bisnis karena harga dari tiap mesinnya lumayan tinggi, diantaranya yang umum di pakai adalah:

Mixer, yang berfungsi untuk membuat adonan utama pembuatan roti maryam salman.
Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti maryam salman, digunakan untuk mempersingkat proses pemekaran adonan roti maryam salman sebelum masuk oven.

Dough Divider, atau biasa disebut mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan memecah adonan roti maryam salman biar ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti maryam salman.
Berbagai macam alat penunjang lain juga di perlu kan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti maryam salman dan lain sebagainya. Harga dari tiap-tiap mesin di atas bervariasi tergantung dari merk nya, sebagai perkiraan harganya sekitar 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sampai-sampai kalau Anda ingin secara lengkap mempunyai seluruh mesin produksi roti maryam salman ini, dana yang harus Anda persiapkan sekitar 30 sampai 50 jutaan.

Comments

Popular Posts