Manfaat Kemasan Dalam Produk Fungsional

Pengemasan memang merupakan suatu teknik terkordinir yang diciptakan untuk mempersiapkan produk supaya siap untuk didistribusikan, disimpan, dijual, dan digunakan.

Kelebihan yang bisa diambil dengan adanya wadah atau kemasan pada suatu produk, salah satunya adalah bisa membantu menghindarkan produk tersebut dari risiko kerusakan disaat proses distribusi berlangsung.

Bukan cuma itu saja, packaging pada produk juga dapat melindungi produk dari bahaya polusi dan masalah fisik lainnya, mulai dari yang berupa gesekan, benturan, maupun getaran.

Diluar dari itu, pengemasan juga bermanfaat untuk menyimpan suatu hasil pengolahan, ataupun produk industri supaya mempunyai bentuk yang dapat mempermudah proses penyimpanan, pengangkutan, serta penyaluran kepada para pengguna.
1.Sebagai wadah sebuah produk selama proses pengiriman, mulai dari produsen produk, hingga sampai ke tangan pembeli.

2.Menjaga dan mengawetkan produk, misalnya seperti melindungi dari cahaya ultraviolet, panas matahari, kelembaban udara, oksigen, benturan, serta kontaminasi dari polusi ataupun kuman yang bisa merusak & mengurangi mutu dari sebuah produk.

3.Sebagai ciri-ciri dari produk, dalam konteks ini, packaging bisa digunakan untuk media petunjuk terhadap para konsumen melalui label yang terdapat pada kemasan produk tersebut.

4.Meningkatkan efisiensi produk, misalnya: menyederhanakan penghitungan sebuah produk berdasarkan packaging-nya, serta memudahkan transportasi dan penyimpanan produk tersebut.

5.Menjaga dari pengaruh buruk dari luar, serta melindungi pula dari unsur mengganggu yang ada di dalam produk.

Contohnya seperti produk-produk yang memiliki aroma menusuk, ataupun produk berbahaya seperti minuman keras, gas beracun, dan yang lainnya.

Baca juga  Peluang Bisnis Sate Donat yang Mengiurkan
Ataupun produk yang dapat memengaruhi warna dan aroma, maka dengan mengemas produk dengan baik pastinya bisa menjaga produk-produk lainnya.

6.Memperluas penggunaan serta pemasaran produk, contohnya seperti kasus penjualan sirup dan kecap yang mengalami peningkatan pula sejak pemanfaatan kemasan pada botol diterapkan.

7.Meningkatkan minat calon pembeli.

8.Sebagai sarana informasi dan advertising.

9.Memberi kenyamanan bagi para konsumen.
Persyaratan Bahan Kemas

Untuk memutuskan peranan perlindungan dari kemasan produk, maka dibutuhkan juga dipertimbangkan aspek-aspek kualitas produk yang nantinya akan dilindungi.

Sebab kualitas dari sebuah produk ketika sudah mencapai tangan pembeli sangat bergantung pada kondisi bahan dasar, metode pengolahan, dan kondisi penyimpanan dari produk yang hendak dikemas.

Dengan demikian, fungsi dari kemasan tersebut wajib memenuhi beberapa kualifikasi sebagai berikut:

1.Kapabilitas/ daya kemas yang baik untuk memudahkan dalam proses penanganan, pengangkutan, distribusi, penyimpanan, dan penumpukan produk.

2.Mempunyai kemampuan supaya dapat mengamankan isi produknya dari berbagai ragam risiko yang datang dari luar, contohnya perlindungan dari efek kelembapan udara panas/dingin, sinar matahari, bau asing, gesekan ataupun tekanan mekanis, dan kontaminasi mikroorganisme.

3.Bisa menjadi daya tarik untuk pelanggan.

Dalam hal ini, pengenalan produk, informasi dan penampilan seperti bentuk, warna, dan keindahan bahan kemasan harus di utamakan.

4.Persyaratan ekonomi, maknanya adalah, kemampuan dalam mencukupi kemauan pasar, targetnya yang berupa masyarakat, dan tempat tujuan pembeli.

5.Mempunyai ukuran, bentuk, dan bobot yang sesuai dengan asas atau standar yang ada, mudah dibuat atau dicetak, dan mudah juga untuk di daur ulang kembali.

Nah, tentu dengan adanya persyaratan yang wajib dipenuhi pada kemasan tersebut, maka kesalahan-kesalahan dalam hal memilih bahan dasar, kesalahan-kesalahan dalam memilih desain kemasan, dan kesalahan-kesalahan dalam memilih jenis kemasan pun dapat diminimalisasi.

Sumber : https://ramesia.com/manfaat-kemasan-dalam-produk-fungsional/
https://ramesia.com/

Membuka Usaha Es Tebu Murni


Tanaman Tebu merupakan jenis pohon yang menghasilkan gula. Tumbuhan tebu ramai hidup subur di tanah Indonesia yang memang sangat kompatibel dengan genus hawa tropis. Khusus area di Negara kita seperti pada daratan Jawa dan Sumatera tanaman tebu ramai dibudidayakan. Pendayagunaan tanaman batang tebu tersebut ramai dipakai untuk langkah pengolahan gula di pabrik gula. Bukan hanya batang tebu, daun tebu yang telah kering juga ramai digunakan untuk kebutuhan sendiri dan untuk bahan bakar saat memasak agar lebih hemat.
Siapa Konsumen Es Tebu?
Minuman sari tanaman tebu pasti menjadi suatu usaha yang memberikan dengan penghasilan yang lumayan bila dicoba kesempatan ini. Banyak sekali pebisnis minuman sari tebu ini yang sukses di masyarakat, baik pengusaha es tebu warung stand sampai swalayan besar dan kedai es tebu. Pasar untuk target pelanggan es tebu ini benar-benar sangat besar. Baik anak-anak hingga orang tua banyak yang suka minuman sari tebu sebagai suatu jenis minuman menyegarkan yang baik dikonsumsi untuk tubuh.

Prospek bisnis es tebu cukup menguntungkan yang tidak boleh Anda lewatkan peluang untuk mendapatkan income bagus dalam bisnis minuman tebu. Bisa Anda gambarkan bila Anda menjalani langsung dalam bisnis minuman tebu tentu Anda dapat berdagang, misalnya menggunakan mobil terbuka dengan penjualan minuman tebu sebanyak 250 cup perhari dengan kira-kira price sari tebu dari Rp. 4.000 sampai Rp. 9.000. Tentu jika dihitung dengan penghasilan profit perbulannya akan mendapat puluhan juta rupiah dengan keuntungan yang super fantastis.

Baca juga  Manfaat Abon Asli Dengan Kualitas Tinggi
Memulai Usaha Es Tebu
Ketika mengelola bisnis es tebu, maka Anda harus melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan dalam mengelola bisnis ini dari pengadaan bahan baku sampai tahap akhir pemasarannya.

Pemilihan bahan baku tebu juga sebenarnya simpel dan santai. Selain bahan baku, Anda pun wajib menemukan lokasi yang tepat untuk membuka usaha minuman tebu. Penentuan lapak sangatlah penting untuk mencari customer, jika lapak sangat ramai pasti pelanggan akan mudah untuk didapatkan, akan tetapi bila lokasi tidak strategis dan tidak cocok, tentu customer Anda akan tidak tertarik.

Menentukan Lokasi
Memilih lokasi dalam berjualan es tebu ini dapat dikerjakan pada lapak yang strategis seperti sekolah, pasar, terminal, pinggir jalan, stasiun, stadion, kota, supermarket dan lainnya. Pemilihan lapak pasti memiliki efek yang tinggi untuk keberhasilan usaha sari tebu. Contohnya saja Anda mau menjalani bisnis minuman tebu kecilkecilan dengan berjualan di depan mall. Untuk mengelola usaha minuman es tebu memang tidak wajib mencari karyawan karena proses pelaksanaannya sangat simpel dan bisa dikerjakan sendiri.

Dalam menekuni usaha sari tebu pasti Anda membutuhkan gerobak yang berfungsi untuk tempat berdagang. Selain untuk media marketing Anda pun harus memiliki keunikan tersendiri ketika memberikan penawaran terhadap produk sari tebu Anda. Terus pertahankan kualitas agar kenikmatan minuman tebu tidak turun dan mempunyai rasa alami yang sama.

Disarankan untuk mempunyai brand tertentu agar minuman tebu mudah diketahui para pelanggan dengan tampilan yang berkesan dan enak dilihat.

Resiko yang ditanggung juga perlu Anda ketahui ketika menjalankan bisnis minuman sari tebu. Resiko berbisnis minuman tebu ini bisa berlangsung baik dari pesaing yang tinggi maupun pengaruh waktu hujan. Untuk mensiasati kendala dampak ini, supaya tidak menyebabkan banyak kerugian disarankan tidak menggiling es tebu terlebih dahulu ketika musim hujan. Dapat dipastikan jika telah terlanjur dibuat kemudian tidak laku karena musim diluaran sedang hujan, tentu es tebu akan sia-sia dan gampang basi.

Pemanfaatan Mesin Bisnis Es Tebu
Usaha es tebu ini membutuhkan mesin penggiling tebu. Dengan memakai pemeras tebu pasti proses penggilingan tebu dalam pembuatan minuman sari tebu akan gampang dengan tahap penggilingan yang cepat dan mudah. Mesin pemeras tebu ini tersaji dengan banyak pilihan dari harga terjangkau dengan penggilingan kemampuan manual sampai harga tinggi dengan penggilingan otomatis yang mudah, cepat dan praktis.

Comments

Popular Posts